Fesyen Barat, Utara, Timur, Selatan

Setiap orang punya gaya berpakaiannya masing-masing. Hence they call it style.
Kalo ngomongin Jakarta, tiap bagian dari sudut kota ini, warganya punya gaya sendiri. Kalo mau lebih spesifik, gaya orang yg tinggal di Jakarta Selatan, Utara, Barat dan Timur, pasti beda-beda dan punya ciri khas nya sendiri.
Berdasarkan pengamatan, kalo anak Selatan itu biasanya bergaya lebih minimalis, baik yang cowok ataupun yang cewek. Mereka ga doyan tuh baju-baju yang punya potongan ribet, gambar atau motif yang gede-gede. Pilihan warna pun kebanyakan yang dipilih adalah warna-warna yang cenderung netral, hitam, biru navy, earthy color. Anak Selatan sangat-sangat considerate when it comes berpakaian. Mereka akan liat dulu, acaranya formal atau semi-formal, outdoor atau indoor, casual atau smartcasual.

Anak Barat, cenderung lebih edgy. Mereka suka tuh warna-warna berani biarpun kadang-kadang warnanya tabrakan. Mereka ga keberatan pake baju dengan motif atau gambar yang dominan. Kadang bahkan detil-detil kecil kayak glitter atau manik-manik gitu, mereka biasanya suka banget. Untuk urusan bentuk desainnya aja, kalo anak Selatan doyannya minimalis, anak Barat lebih berani untuk bentuk-bentuk yang ga lazim. Di tahun 2017 ini, yang gue perhatiin baju ala brokat kayaknya lagi in sama anak-anak Barat. Mungkin terinspirasi dari drama Korea kali ya?

Yang sedikit membedakan Utara dengan Barat, biasanya lebih ke niat dan usaha untuk tampil. Anak Barat bisa dibilang willing to go the distance demi fashion. Kalo anak Utara, lebih cenderung praktis dan apa adanya. Buat mereka yang penting nyaman dan praktis. Jadi trendi ga masuk dalam prioritas mereka. Makanya hampir jarang deh ketemu sama anak Utara yang edgy. Tapi, kadang saking apa adanya, kadang suka berasa salah kostum aja. Ya kali masa ke mall, pake piyama. Biarpun mall-nya deket sama rumah, ya gak pake daster / piyama juga kali ya?

Nah kalo Timur, apapun yang lagi trend, pasti bakal diikutin. Mereka cenderung lebih berani untuk tampil sebagai diri mereka sendiri. Walaupun mungkin gaya berpakaian mereka buat sebagian besar orang, bisa jadi kurang ciamik, ya kalo menurut mereka itu lagi ngetrend, ya they will wear it. Misalnya kayak pake baju dengan motif bunga-bunga trus bawahannya jeans warna mencolok atau motif garis-garis. Kombinasi tabrak warna, tabrak motif kayak gitu biasanya dihindari banget sama anak Selatan dan Barat, tapi buat anak Timur, gaya itu keren! Mereka juga sepertinya ngeliat apa yang lagi sering dipake sama artis-artis di infotainment atau di instagramnya. Pokoknya apapun yang si artis pake, pasti itu trend terkini. (((TREND TERKINI))) njieeer….mulai agak-agak ke-infotainment-an nih ogut.

Loh loh Pusat gimana?
Nah kalo Pusat, sebenernya udah jadi tempat asimilasi semua wilayah. Jadi lo bakal nemuin a bit of Barat, a bit of Selatan, a bit of Timur dan a bit of Utara.

Regardless apapun dan bagaimanapun gaya lo, lo adalah lo. Jangan biarin orang lain mendikte gaya lo. Tapi bukan berarti lo bisa pake topi koboi, jas dan celana pendek warna ungu atau pink dengan sepatu boots motif macan tutul ke mana-mana juga ya. Tau sikontolpanjang* aja lah. Jadi trendi dan nyentrik sih boleh aja, tapi ya jangan jadi pelarian rumah sakit jiwa juga sih.

*sikontolpanjang : situasi, kondisi, toleransi, pandangan dan jangkauan. Jangan ngeres mulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s