(Konon) Gaya Hidup Sehat

Ga tahan untuk ga nulis sesuatu. Semoga aja ga bosen deh nulis kritikan semacam ini. Cuman sekedar opini belaka. Beropini ga dilarang kan? Barangkali belum. Oh well…

So, sekarang ini banyak lah yang bicara soal gaya hidup sehat. Diet ini, diet itu, diet OCD lah. Olah raga ini, olah raga itu. Tapi, gw kadang mikir gaya hidup sehat yang orang-orang ini maksud itu apa ya?

Badan lo bagus, six-packed, sexy, pola makan teratur 4 sehat 5 sempurna…. Itu kah yang disebut gaya hidup sehat?
Tapi, lo masih buang sampah sembarangan? Masih ngeludah sembarangan? Masih ga bisa hidup teratur dan menjaga fasilitas publik? Dengan masih memiliki perilaku kayak gitu, masih bisakah bilang bahwa kalian menjalani gaya hidup sehat? Sorry, menurut gw sih, gaya hidup sehat harusnya holistik. Ga cuman sekedar lu punya dada bulet bin kenceng, bisep kayak tumpukan roti baru mateng, bokong kayak roti boy, paha kayak pohon jati (analoginya aneh banget sih, ndol?).

So, lately gw ngegym dan gw ga abis pikir soal semua yang gw tulis barusan. Kalo gw ngegym di tempat yang secara harga lebih murah terus tempatnya jorok dan ga rapih, oke lah, mungkin bisa gw pahami. Tapi, tempat gym gw ga bisa dibilang murah. Harusnya, in theory, member-member nya lebih terdidik dalam hal ketertiban. To make it even worse, banyak di antara yang ga bisa jaga ketertiban itu adalah anak-anak muda.

image

Ngomongin soal apa sih ndol? Ketertiban apa yg lo maksud?
1. Balikin barbel ke tempatnya.
Lagi-lagi gw bilang, lo boleh bangga bisa ngangkat barbel 45 kg tapi harusnya lo malu ama otot lo kalo lo ga bisa balikin barbel itu ke tempatnya setelah lo make.
Lho, kan ada personal trainer yg beresin ntar?
Lo pake jasa personal trainernya ga? Kalo engga, kenapa harus dia yg balikin barbel itu ke tempatnya? Kan bukan dia atau kliennya yg make. Kalo pun dia ngeberesin, itu mungkin memang salah satu job descriptionnya dia. Tapi, ga ada salahnya kalo lo bisa balikin barbel-barbel itu sendirian kan? Lagian bahaya tau ninggalin banyak barbel di lantai. Kalo ada orang yg kesandung piye?

2. Balikin handuk setelah dipakai.
Lah kan ada cleaning service? Iya sih. Lo mau dicebokin juga ama cleaning service?
Lo kelar ngegym juga pasti ngelewatin tempat ambil handuk bukan? Berat banget kayaknya tuh handuk. Malu ama otot. Kecuali lo emang ga berotot ya… wassalam.

3. Buang botol aqua pada tempatnya.
Lah kan ada cleaning service? Gampar nih. Botol aqua ga berat deh. Ga susah lu buat jalan nyari tempat sampah untuk ngebuangnya. Cleaning service itu emang tugasnya bersih-bersih. Tapi, bukan tugasnya dia untuk jadi pelayan lo yang harus ngebersihin sampah yg lo buang sembarangan di area sekitar gym.

Lebih ironis lagi, pernah gw mergokin beberapa orang yg buang sampah atau ninggalin sampah di area locker dan orang-orang itu adalah notabene yg ikutan kontes L-Men dan Men’s Health Be Our Cover itu. Laaaaahhh… Piye toh nduk? Situ jadi duta gaya hidup sehat tapi ya begitu kelakuannya. Gw jujur aja ga tau siapa namanya. Cuman ngeh ama muka.

Gw ga mau menyalahkan manajemen pengelola gym tersebut. Karena menurut gw, mengembalikan alat pada tempatnya, mengembalikan handuk setelah dipakai dan membuang sampah pada tempatnya adalah kewajiban kita semua.
Malah, gw berpikir… pihak pengelola memiliki hak untuk menegur membernya yg melakukan hal-hal itu. Kalo perlu kasih sanksi, suspend membershipnya barangkali. Agak kasar? Mungkin. Tapi, orang Indonesia cenderung terlalu permisif ama peraturan yg ada. Makanya peraturan tata tertib akhirnya cuman jadi basa-basi.

Apakah kalian salah satu dari orang-orang itu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s